Apakah anda insomnia???

Standar

Sahabat, apa kita tiap malam sering menghitung domba yang berlari di atas kepala? kalau iya? mungkin sahabat mengalami Insomnia,,,

Apakah Insomnia ?

Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders-IV (DSM-IV), mendefinisikan insomnia sebagai kesulitan memulai tidur, mempertahankan tidur, merasa tidak fresh pada waktu bangun pagi dan mengalami kualitas tidur yang buruk. Setelah Anda mengetahui definisi insomnia, apakah Anda sudah mulai memperhatikan diri Anda, apa Anda memang mengalami insomnia atau tidak.

Gejala Insomnia

gejala-gejala dari insomnia:

1. Sukar untuk memulai tidur dan lama tidak bisa memejamkan mata.

2. Mudah tertidur tetapi bangun terlalu pagi dan tidak bisa tidur kembali.

3. Sering terbangun di tengah malam sehingga sering mengantuk di siang hari.

Lalu apa Penyebabnya?

1. Stres di rumah atau tempat kerja

2. Perubahan pola hidup, pindah rumah misalnya.

3. Lingkungan yang ramai sehingga tidak nyaman untuk tidur

4. Penyakit yang menyebabkan nyeri, sesak nafas atau sering buang air kecil

5. Pertambahan usia

6. Cemas dan depresi

7.  Tegang

Berikut beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mengurangi serangan insomnia :

1. Berolah raga teratur

Beberapa penelitian menyebutkan berolah raga yang teratur dapat membantu orang yang mengalami masalah dengan tidur. Olah raga sebaiknya dilakukan pada pagi hari dan bukan beberapa menit menjelang tidur. Dengan berolah raga, kesehatan anda menjadi lebih optimal sehingga tubuh dapat melawan stress yang muncul dengan lebih baik.

2. Tidurlah dalam lingkungan yang nyaman.

Saat tidur, matikan lampu, matikan hal hal yang menimbulan suara, pastikan anda nyaman dengan suhu ruangan tidur anda. Jauhkan jam meja dari pandangan anda karena benda itu dapat membuat anda cemas karena belum dapat terlelap sementara jarum jam kian larut.

3. Makananlah.

Makanan ringan yang mengandung sedikit karbohidrat menjelang tidur, bila tersedia, tambahkan dengan segelas susu hangat.

4. Mandilah dengan air hangat 30 menit atau sejam sebelum tidur.

Mandi air hangat akan menyebabkan efek sedasi atau merangsang tidur. Selain itu, mandi air hangat juga mengurangi ketengangan tubuh.

5. Hentikan menonton TV.

Hentikan menonton tv dan membacalah buku, setidaknya sejam sebelum tidur.

6. Hindari mengkonsumsi barang-barang terlarang.

Hindari mengkonsumsi barang-barang terlarang, semacam minuman keras, narkotika, dsb. Sebab hal tersebut akan mengganggu fungsi organ tubuh dan persarafan secara normal.

Selamat Mencoba Tips dari kami, semoga sahabat bisa mengatasi gangguan Insomnia yang menyerang.

Sumber : http://www.blogdokter.net/2008/07/23/tips-mengatasi-susah-tidur-insomnia/
http://evhylunat.wordpress.com/2010/02/14/gejala-insomnia-dan-cara-mengatasinya/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s